assalamu'alaikum.. smoga hari ini rahmat Allah menaungi kita smua

aa

Senin, Januari 14, 2008

Teteh Tini yang Bisu dan Tuli

Syamil punya teteh baru, tepatnya baru dua minggu yang lalu. Teteh yang ini namanya Teteh Tini, orangnya rajindan suka anak2. Sayangnya teteh tini ini bisu dan tuli serta yatim piatu. Ibunya meninggal waktu melahirkan dan ayahnya juga udah meninggal beberapa tahun setelahnya(Smoga rahmat Allah selalu tercurah karena ada anak yatim dirumah).

Umi pingin banget bisa berkomunikasi secara detail ga cuma merintah pake bahasa tubuh kaya ngepel, nyapu, nyetrika, makan, dan kata kerja lainnya. Soalnya umi demen ngobrol, smua pembantu suka umi becandain dan ajak ngobrol, kadang ampe curhat cowo2nya ke umi. Umi selalu pingin tau kaya apa sih karakter mereka yang sebenernya, karna sehari2 syamil kan sama teteh-nya selain sama si nenek. Umi harus merasa deket biar mereka nyaman dan betah,tapi ga juga ngelunjak dan jadinya kurang ajar.

Nah, supaya deket kan harus komunikasi kan? pingin bgt bisa ngajarin si teteh tini ini bahasa isyarat yang ga cuma kata kerja. Penting bgat kan mengekspresikan apa yang kita rasa dan susyahnya mengungkapkan smuanya dalam bahasa isyarat karna umi ga ngerti.

Adakah yang bisa membantu??kali aja temen2 blog punya pengalaman berkomunikasi dgn saudara kita yang bisu tuli. Share ke umi yahhh..makasih.

4 komentar:

GusKoko mengatakan...

Maaf dulu, karena sudah lama enggak mampir disini.

Saya punya pengalaman dengan "tuna wicara", kebetulan saya punya adik sepupu yang tuna wicara.
Sebut saja namanya IM.
IM ikut dirumah ortu saya, karena ibunya meninggal.
Sekolahnya khusus, SLB / B.
Saya cermati, walau mereka tuna wicara tapi mereka smart lho. Cuma memang kita harus lebih sabar karena rata2 temperamen mereka cepat "kesal" dan perasaannya biasanya sensitif sekali.
Untuk komunikasi usahakan selalu bicara dengan berhadapan muka, karena mereka biasanya bisa membaca "bahasa / gerakan mulut".
Ada lagi yang mau ditanyakan ?
Mungkin bisa lewat e-mail, kalau mau lebih detail.

Ina-Nabila mengatakan...

Subhanallah diberi kesempatan Allah untuk bertemu & bekerjasama dengan teteh Tini.
Satu2nya cara bertai bahasa isyarat ya mi sama tulis menulis gitu ...
Waaah subhanallah ya mi .. ladang amal

Neng Iien Mahardianto mengatakan...

Subhanallah.. Luar Biasa ya
saya salut sama teh tini
kebetulan ummi sy punya saudara baik dari pihak suami maupun saya sdr ada, jadi kami sudah terbiasa dengan keadaan mereka.. mau tahu lebih lanjut ummi??? lewat YM aja ya
biar tambah penasaran :)

Anonim mengatakan...

Maaf ya Pak ini ada nasehat dari Habib tentang anak buka saja ini http://ahlussunahwaljamaah.wordpress.com/mutiara/habib-umar-bin-hafidz/didiklah-anak-kalian-untuk-mencintai-agama/