assalamu'alaikum.. smoga hari ini rahmat Allah menaungi kita smua

aa

Jumat, Oktober 26, 2007

Perangkat Perang Ibu Perah

Sebagai ibu perah yang kantoran,kebayang ga kalo tiap hari umi kaya mau piknik,musti bawa2 termos yang mirip ma detonator atau bazoka.
Tiap hari nenteng tas segede gaban plus termos yang ada tali selempangannya.
Blum lagi musti empet2an nih di angkot 509,mpe bikin keneknya susye buat nagih duit krn jalannya penuh ma umi plus tentengan segambreng.
Keren deh, pokoknya dijamin gada yang bakalan naksir lagi deh (tenang bi,saingan berkurang..heee..)Secara tampilan casingnya nih emak2 banget.

Nah berikut peralatan perang umi tiap hari, peralatan asi perah versi umi.



Tapi sebenernya yang pompa mini elektrik ini punya bunda aisha, umi punyanya yang manual.
Kita tukeran nih ceritanya,wah..umi girang bukan kepalang,bis bisa mompa sambil tangan satunya ngisengin orang deh.

Banyak cara untuk bisa memerah asi,dan GA HARUS MAHAL!!,yang penting tekad kuat dalam hati untuk ngasih oleh2 asi buat si dede. Kaya misalnya :

POMPA ASI
Banyak pakar asi yang rekomendasiin merk MEDELA dan avent untuk pompa asi karena hisapannya yang mirip kaya hisapan bayi,dan bisa diatur kekuatan hisapnya dan insya Allah ga merusak struktur dalem payudara kite (maap,kite bukan marketingnya niy,beneran!).
Yang paling nyaman sih pake yang POMPA MINI ELEKTRIK MEDELA ini, ga cape, praktis, simple, gampang dibawa1, bisa diganti baterai kalo gada colokan listrik,tapi harganya mang relatif mahal sekitar 600rban di toko2 bayi di ITC2.
Yang lebih ekonomis pake POMPA MANUAL MEDELA aja, yang versi piston harganya sekitar 150rban,malah bisa 135rban kalo nawarnya pake otot.
Tapi ada nih yang super mureh,super praktis dan super steril,PERAH PAKE TANGAN tanpa alat sama sekali,tinggal belajar teknik memerahnya aja. Banyak sih artikel2 cara memerah dgn tangan,tapi lebih jelasnya sih belajar di klinik laktasi,contohnya di klinik laktasi RS. St Carolous Jkt. Yang ini umi juga blum sukses,padahal pengen bgt belajar..

WADAH PENYIMPANAN ASI PERAH
setelah asi berhasil diperah,kan perlu tempan penyimpanan tuh biar ntar bisa disimpen trus dibawa pulang. Nah, bisa dipilih nih berbagai pilihan wadah penyimpanan.
Yang paling murah yah kaya umi pake kantong plastik es mambo, 5ribu segambreng (tapi hati2 saat proses penghangatan,takutnya timbal dari plastiknya mempengaruhi kualitas asi),Mau kantong plastik yang bagus tapi ga ekonomis pake plastik merk medela atau gerber,yang ini sekitar 50rb untuk 20 bijian dan hanya sekali pake.
Yang lebih murah pake bekas botol UC1000 atau botol kaca yang lain, AIMI juga jual harganya 1500-2000/botol.
Sebaiknya sih,kapasitas penyimpanan per wadahnya jangan banyak2 sekitar 70ml s/d 100ml aja, sayang kalo ga abis,soalnya asi yang sudah diminum tidak bisa disimpan buat stok lagi,harus segera dihabiskan atau dibuang kalau sudah kelamaan.
Jangan lupa cantumin lebel tanggal dan jam memerah bila akan disimpan sebagai stok jangka panjang, takutnya kita lupa, ntar dah expired taunya.

For information
JANGKA WAKTU PENYIMPANAN ASI :

Dalam suhu ruangan : bertahan s/d 6 jam
Dalam kulkas : bertahan s/d 3 hari
Dalam frezeer (menyatu dalam kulkas 1 pintu) : bertahan 2-3 minggu
Dalam frezeer (terpisah, kulkas 2 pintu) : bertahan s/d 3 bulan.

WADAH ASIP BUAT DIBAWA PULANG
untuk nyimpen asi perah after pemerahan setelah dimasukin ke kantong plastik atau botol,kan harus ditaro diwadah yang awet dingin biar tahan lama dan bisa dibawa pulang untuk stok.Nah ada pilihan wadah dari yang paling mahal ampe paling murah nih..
Yang paling mahal ada FREZEER PORTABLE yang bisa dibawa kemane2,trus ada COOLER BAGberbagai ukuran plus BLUE ICEnya (wadah air yang nantinya dieskan,agar asi perah kita ikutan awet dingin dan tahan lama),ada merk medela (250rb - 500rb),ada tomeetepee, yang lebih ekonomis ada cooler bag yang dijual di hipermarket harganya sekitar 50rb kebawah deh (CMIIW*) dan blue icenya bisa beli terpisah di ace hardware dgn harga sekitar 20rb-30rban. Nah yang lebih mure kaya umi nih beli TERMOS STAINLESS STEEL (jangan yang plastik dalemnya kaca,ntar cepet pecah kacanya) trus tinggal jajnian ma abang es batu buat beli tiap hari,atau bawa dari rumah, insya allah tahan sampai magrib deh. Atau boleh juga yang mau repot,bawa termos es mambo kecil,atau TERMOS ES MAMBO/TERMOS NASI KECIL/TERMOS ES BATU (kaya termos es buat minuman keras gituu..) trus bawa ransel tiap hari kekantor. Mang penuh perjuangan deh emak2...bawaannya segambreng.

CARA MECAIRKAN ASI BEKU UNTUK DIBERIKAN KE BAYI (VERSI UMI)
Asi beku dalam frezeer diturunkan ke kulkas bawah semalam sebelum pemberian agar cair dengan sendirinya tapi tetap dingin. Besoknya keluarkan asi beku yang dah mencair untuk ditaruh dibotol dot atau di gelas kecil kalo nanti dikasihnya ga pake dot,tapi disendokin.

Atau asi beku yang ga sempet ditaro di kulkas bawah alirin aja ama air keran biar cair,atau bertahap rendam di air biasa dulu biar cair dulu (ga terlalu lama kok prosesnya,paling 15 menit dah cair)

Setelah itu rendam dalam air hangat (jangan air mendidih, takutnya nutrisi yang terkandung dalam asi ada yang rusak karena terlalu panas).
Rendam sampai asi hangat kuku, kehangatannya hampir menyerupai asi langsung.
Siap dimimimin ke dede bayi, pasti ga da bedanya deh rasanya sama asi fresh.Syamil aja doyan banget,yummy..

INGAT!!asi yang sudah dicairkan dan sudah diminumkan kebayi tidak bisa disimpan lagi,harus segera dihabiskan atau kalo kelamaan harus dibuang.

Segala pengorbanan dan kerepotan ini, insya Allah Allah bales dgn indah deh, anak sehat, cerdas, aktif, sayang orang tua, jadi anak sholeh dan ga gampang sakit karena imunitas dalam asi tuh super TOP.

Tetap Semangat Memerah yaa..,selama tekad kita bulet pasti ada jalan.
Keep breast feeding until 2 year moms!!

CMIIW (Correct me if i'm wrong) Yah...

Tidak ada komentar: