assalamu'alaikum.. smoga hari ini rahmat Allah menaungi kita smua

aa

Selasa, Oktober 23, 2007

Blog choi family,menginspirasi Homeschooling sekali

Kemarin umi lagi gemar2nya nyari2 informasi tentang bagaimana menjadi guru yang hebat di internet,eh alhamdulillah malah tomprokan ama blog-nya choi family yang sangat menginspirasi umi sekali.

Hebatnya,Mama choi ampe rela lho ngeloby karyawan supermarket untuk ngajarin anaknya ttg cara kerja barcode,trus ke perusahaan sekuritas untuk belajar grafik saham,jual beli index saham dll.Berkunjung ke musium,galer seni,bank,money changer,kantor pos,penambangan.Bercocok tanam,mengamati alam,bergaul ma ulet,kepompong,bekicot dan belatung,belajar bikin kue,belajar memanjat bebas,bikin berbagai experiment,wihh keren sekali ibu choi itu.

Yang lebih hebat lagi,mama choi ini dgn baik hatinya mau membagi step step tiap sesi pembelajarannya,ada juga blog free homeschooling resources yang memungkinkan kita bisa meniru langkah2 homeschoolinganya choi family ini.

Saking sumangetnya pul kerja, umi langsung deh membabi buta creti2 ke abi n nenek,wah tenyata wacananya jadi lebar sekali... pro kontra ttg homeschoolinglah pasti,tapi kok justru kita salut bgt sama mama choi yang kreatif bgt menciptakan metode pembelajaran mandiri dirumah yang menganut joyful learning dan jadinya bener2 fun dan ngena bgt ke anaknya.

Nah makin terbuktilah blog ini menginspirasi umi bgt, soalnya mpe mo berpindah ke alam mimpi umi masih aja kepikiran buat nerapin part time homeschooling (jadi afterschool homeschooling gitu deh)ke syamil nanti (nantiii bgt kali). Tiba2 berkelebatanlah ide2 untuk mewujudkan semuanya beserta step2 kedepannya. Sedini mungkin umi harus lebih memintarkan diri sendiri,walau sang ibu bukan semata-mata pusat/sumber pembelajaran,tapi si ibu lebih jadi perantara pembelajaran yang menentukan sukses atau tidaknya hasil pembelajaran si anak,nah itu berat!

Pro kontra efek homeschooling makin mendominasi pikiran umi sekarang,mungkin umi blum kepikiran untuk nerapin full homeschooling,tapi kenapa ga part time homeschooling??umi masih bisa mengisi kekurangan pelajaran di sekolah dgn kegiatan belajar sendiri dgn gembira,bonding ibu anak semakin dekat plus anak jadi pintar dan kreatif. Perlu pemikiran lebih dalem kayaknya....

Seharusnya rumah memang perfect place for learning bukan??dan sebaiknya ibu adalah guru paling hebat sedunia buat ananda tercinta.

Makasih bgt atas inspiring blog ini choi family.Umi jadi belajar banyak..

Bagi yang berminat ini link blognya choi family :
http://homeschoolindonesia.blogspot.com

Liat deh artikel bagus ttg homeschooling ini :
http://www.early-years-homeschool.com/kenapa-homeschool.html

2 komentar:

bunda abdan & aisha mengatakan...

gw udah lama sbnrnya baca website itu, trus udah bnyak jg baca ttg homeschooling trus gw dah lmyn bnyk jg kumpulin link ttg homeschooling & bahannya. makanya gw blg kmrn, klo kita jd ftm alis full time mom, kita banyak sekali yg hrs dikerjakan. agak khaw jg klo kite bisnis ntar anak2 tetep ga bisa kita "kerjakan" dg maksimal. btw, gw jg ikutan milis homeschooling, tp skrg milisnya lg agak2 vakum. lo msk aja ke asahpena@yahoo.groups. klo liat email2 yg dulu bnyk posting bagus ttg link ke bahan2 homeschooling

kasmadi mengatakan...

ass.alikum ummi syamil....
salam kenal sebelumnya. kebetulan banget saya juga lagi bingung nyari sekolah untuk salman. Karena anak emas ini punya kelebihan yang luar biasa yang rasanya ga bisa disekolahin di sd serba biasa,
biasa muridnya banyak, biasa gurunya cuek, biasa aja ngajarnya, biasa aja segalanya. sementara salman : luar biasa emosinya, luar biasa aktifnya, luar biasa belum bisa lancar ngomongnya, dan serba luar biasa. artikel ini makin menambah semangat saya untuk mencari yang terbaik dan tepat buat salman.