assalamu'alaikum.. smoga hari ini rahmat Allah menaungi kita smua

aa

Rabu, Oktober 31, 2007

M. Fauzan Wahyu Ramadhan,bayi mungil nan mancung



M. Fauzan Wahyu Ramadhan,nama narsis yang tante piet dan om wahyu kasih buat buah hati pertama mereka. Kenapa narsis?ya iyalah...Fauzan diambil dari nama te piet Fitri fauziah dan Wahyu so pasti plek2an ma nama babenya.Yah namanya juga brand new parents,narsis jadi hal wajar banget.

Exicting bgt deh umi menyambut kelahiran jagoan kecil ini, bis kite kontek2an mulu dari mulai awal2 hamil,suka tanya2 kondisi2 hamil, sampe super semangat ngasih petuah2 wat IMD dan asi eksklusif. Umi cerita nyesel2 karena lum ngerti IMD dulu, trus tega2nya ngasih sebotol sufor pasca melahirkan (hati2 dgn oleh2 sufor dari RS, ini bujuk rayu halus mereka biar kita terlanjur pake produk mereka dan akhirnya si dede ga mau lepas ma ni sufor, sering kali dia malah jadi ga doyan asi mamahnya yang mang kalah manis),trus ga ngerti rooming in (sekamar dengan bayi after melahirkan,biar bisa kasih asi kapan pun dedenya minta).

Wanti2lah umi biar te pipit ini ga mengulangi kesalahan umi. Harapan besar umi sih biar kita punya mind set yang sama ttg asi eksklusif.

Akhirnya hari kelahiran itupun tiba. Diakhir bulan Ramadhan, bayi mungil nan mancung itu melihat indahnya dunia untuk pertama kali.

Langsung deh umi kaya duta asi dadakan nyemangatin jangan sampe te Pit stress dan ga PD bahwa asi pertama berupa kolostrum mencukupi kebutuhan si dede .

Denger2 kabar lagi,te pit terpaksa nambahin sedikit sufor ke dedenya. Hal ini yang banyak banget dialamin sama kebanyakan ibu baru, ga tega pasti liat bayi lucunya nangis ga berenti2 dan merasa asinya kurang mencukupi,padahal informasi dari pakar2 asi di milis asiforbaby, asi awal berupa cairan bening kekuningan (kolostrum) tuh cukup bgt dgn kebutuhan minumnya bayi baru lahir,karena lambung bayi baru lahir hanya sebesar kelereng (jadi,kalo kolostrumnya cuma 5-10ml juga mencukupi,cmiiw yah..) dan nantinya setelah seminggu lambungnya akan otomatis menyesuaikan sama air susu putih yang udah tambah kapasitasnya.

Dan kalo ibunya inisiatif kasih tambahan sufor, si payudara akan menangkap pesan kalo asinya cukup (padahal ditambah susu lain),dan produksinya ga akan bertambah2. Prinsip produksi asi kan base on demand, semakin besar kebutuhan si bayi semakin banyaklah produksi asinya, semakin sering dihisap makin melimpahlah asinya.

Ngerti bgt umi kalo ibu baru masih bingung kaya umi dulu, stress menghadapi makhluk hidup kecil baru yang lemah dan ga tau nangis krn apa,siapa tau dia masih adaptasi sama cuaca diluar perut ibundanya yang panas jadinya ga nyaman (di RS-kan pake ac yah..dirumah kite kipas angin juga ga tega dinylain,takut masuk angin).

Seminggu setelah lebaran umi n temen2 kul dulu kesana nengokin bapa ibu baru dan fauzan kecilnya. umi mpe bawain pompa asi elektrik buat ngetes produksi asinya,ternyata mang cuma 25ml. Umi nyaranin agar te pit ini jangan patah semangat untuk pompa, merangsang agar produksinya semakin banyak dan jangan lelah untuk terus ngasih asi,biar kekebalan tubuhnya bagus dan dapet manfaat asi lainnya yang amazing.

Pipitku sayang, tekad kuat itu mang sulit ditumbuhkan, dan memberikan asi bukanlah perkara mudah. Pengorbanan dan usahanya masya Allah. Support dari berbagai pihak juga penting banget. Sahabatmu ini blum pantes disebut duta asi, ilmunya masih cetek banget kali,cuma sedikit tau dan mencoba banyak belajar.
Umi berharap banget api semangat itu tetap berkobar (ciyee..) jangan pernah lelah memberikan cinta ibu lewat asi. Karena saat-saat pemberian asi adalah saat yang luar biasa indah,momen ter-mesra antara ibu dan lentera kecilnya.

Cumil n om yakin ngakak bareng,dirumah te pit pas lagi nengokin dede bayi mancung.

Tidak ada komentar: