assalamu'alaikum.. smoga hari ini rahmat Allah menaungi kita smua

aa

Jumat, April 10, 2009

My 2 years Syamil n Cerita Susahnya Nyapih

Eeh anak umi dah 2 taun.. hihii, telat amat ya bu postingnya..Alhamdulillah, Anak umi makin gede,maikin lincah, makin ga bisa diem,makin gemar nyanyi, makin jadi tukang niru jempolan, makin seru seruan ngoceh, makin bisa jadi temen ngobrol n berantem2an, makin susah ternyata makannya dan makin makin bikin umi n abi jatuh cinta,hihiiii... jadi fans berat kita berdua deh ma tu anak .2 tahunnya Syamil juga menandakan siap siap dengan urusan sapih menyapih yang sepertinya akan berurusan dengan batin,ga tega dan siap-siap sama sama kehilangan momen momen kehangatan nenen bersama,hiks..

MENYAPIH DENGAN CINTA
UmiAbi memutuskan untuk menyapih merujuk dari :

" Para ibu hendaklah menyusui anaknya dua tahun penuh yaitu yang ingin menyempurnakan penyusuannya..Apabila keduanya ingin memberhentikan (sebelum dua tahun) dengan kerelaan danri keduanya dan musyawarah, maka tak ada dosa bagi keduanya" (Al Baqarah, 233)

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.” (QS Luqman : 14)

Dan bahagianya menemukan hadist indah ini:
Rasulullah salallahu'alaihi wassalam bersabda :"Sesungguhnya Allah subhanahu wataála melimpahkan rahmat kepada seorang ibu yang menyusui bayinya sama dengan membebaskan seorang budak setiap saat. Ketika masa menyusui berakhir, malaikat berkata : " Mualailah kehidupanmukembali. Sesungguhnya Allah subhanahu wataála telah mengampuni dosa-dosamuyang telah lalu."

Dan setelah menyepakati ttg menyapih ini maka sejak Syamil 2 tahun kita punya percakapan rutin yang menandakan dia udah 2 tahun dan udah harus berenti nenen,begini bunyinya..
Umi: Eh,Syamil umurnya berapa siih..??
Syamil: duwwa...(baca: dua)
Umi: Dua apaah?
Syamil: aaauun..(baca:tahun)
Umi : Kalau udah 2 tahun berarti sudah..
Syamil: becaal..(baca: besar)
Umi: Berarti kalau sudah besar tidak..
Syamil: nenen aggiiiiihhh..
Umi: kalau begitu minumnya minum..
Syamil: cucuuuu..(baca: susu)
Umi: Minum susunya di..
Syamil : euulaaaassshh (baca:gelas)
Umi: pinteer anak umii..(dengan tampang sumringaah,siip..doktrin telah berhasil!yess..)


Semenit kemudian..

Syamil: uhuuuk uhuuk... miii , nenen ajaaah..
Umi: hmmm...(tertunduk lesuu).. abiii doktrin kita tak berhasilll!!!



Yaa begitulah,usaha persapihan versi Umi n Abi, sekarang ini kita menemukan metode menyapih baru,begini ceritanya..

Syamil: umiiii,nenen ajah miii...
Umi: nenenya sepuluh ajah yaa..
Syamil: iya ,puluh ajah..
Umi: okay..
Syamil pun mulai nenen di sebelah kiri
Umi: satu..dua..tiga..empat..dst...sepuluh,udahhh..stop..stop!
Syamil: (lepas nenen,n nyengir lebarr)mii..yang ini ajah,puluh ajah (nunjuk nenen sebelah kanan)
Umi: wuaa..ya udah satu lagi,tapi sepuluh ajah yaa..mulai..satu,duaa..s/d..sepuluh,STOP!!
Syamil: yang ini ajah,puluh ajah..(balik ke nenen kiri..)
Umi: curaaaaaang..

Yah,begitulah metode versi Umi Abi yang entahlah patut dicontoh atau ga ,kikik ..Tapi ga jarang juga kalau Syamil moodnya lagi oke dia nurut n lanjut minum susu UHT kotak,ssrruuuppuuttt..

Kenapa sih ga pake pait or pedes2 ajah nenennya,biar si anak ogah nenen lagi?
Hihi..menurut sumber sumber terpercaya , UmiAbi ga mau pake cara kekerasan kayak begini,versi sebagan ibu2 kita jaman dulu (baca weaning with love)Sebisa mungkin umi ga mau Syamil ngerasa badfeeling sama masa-masa nenennya 2 tahun ini ternyata berakhir ga indah sama sekali,dia jadi sebel sama nenennya yang tiba2 jadi ga enak/pait/pedes. Rasanya momen-momen indah kebersamaan nenen kita berdua slama 2 tahun ini ga rela ternodai dengan cara penyapihan yang kurang bijaksana begitu..ya dimulai dengan baik maka diakhiri dengan indah pula. Sebisa mungkin Syamil dengan pelan pelan ngelepas addicted nenennya dengan susu,syukur syukur bisa langsung pake gelas..

Menurut kami, yang pasti menyapih bukan cuma urusan si Ibu dengan Si anak, Sang Bapak juga musti dilibatkan (baca:http://www.mujahidinfm.com/allberita.php?noberita=1700,http://kamiela.blogspot.com/2008/06/serba-serbi-menyapih.html), Abi sekarang rajin banget gendong n empok2 Syamil sebelum bobo malem..cerita cerita sok diseruseruin ala mengarang bebas, liat DVD anak-anak buat ngalihin perhatian atau becanda seruuu,Alhamdulillah dia lupa ma kebiasaanya nenen menjelang tidur walau ga selalu ..dan yang pasti dibuat kenyang dulu dengan makan malem n susu atau eskrim atau yoghurt(soalnya karna full nenen,syamilku ga doyan susu apapun..susu UHT pun cuma sekedarnya..). Alhamdulillah beberapa hari ini dia tertidur dengan sendirinya..YES!TOSS ma Abi.. Tapi kalau tiba-tiba bangun tengah malem nyari nenen masih susah juga nih ngehindarinnya.

Yah,ini bukanlah kisah sukes menyapih Syamil, sejauh ini kita berdua belum terlalu sukses dalam hal menyapih ini,tapi kuantitas n kualitas nenennya Syamil dah berkurang sekarang, dia suka tidur tanpa nenen atau kalau udah main n kenyang juga lupa.. duh mudah-mudahan tak lama lagi dia akan mengerti n menyapih dirinya sendiri dengan ikhlas..kikikik..

To: Mb Novi,Makasih posting Pengalaman menyapih yang indah selalu mengingatkan untuk berdoa kpd Allah SWT sebelum memulai segala sesuatu,termasuk dlm hal menyapih ini,semoga seindah yang dialami yaa..


NAIK KRETA KE TAMAN TOPI

Alhamdulillah Sajadah Cuantik dari Mak Cundun(alakaya)berhasil kita pending buat kado Syamil yang gemar ngikutin kita Sholat, dia seneng bgt karena ada gambar kereta Api favoritnya Syamil. makasih mak..eike promosiin tuuh pan.



Dalam rangka 2 tahunnya Syamil kita berhasil juga akhirnya naik kereta..Dimulai dari stasiun depok lama dan berakhir di stasiun Bogor,kita jadi juga liat gimana sih Taman Topi yang melegenda itu..

Wlaupun umi udah dari lahir tinggal deket2 depok sini,tapi dengan amat noranya umi lum pernah yang namanya naek kereta pakuan ataupun Kereta ekonomi AC, paling banter ya yang ekonomi beneran.. kemaren ceritanya udah seneng bgt mau ngerasain indahnya ber-pakuan-ria, tapi ternyata sodara-sodara Kereta pakuan tuh pake jadwal jadwalan segala,masih harus nunggu 2 jam lagi..iyaaaay..malees,ya akhirnya tak apalah naik KRL Ekonomi yang ternyata ga gitu desek-desekan..alhamdulillah masih ada yang kasian ma umi n ngasih tempat duduk,makasih..jarang-jarang soalnya hari gini ada yang iba sekalipun sama ibu hamil ataupun ibu gendong anak,iya kaan..

Taman Topi ya seru juga,soalnya lum pernah..naik monorail yang bikin umi ogah naik lagi,soalnya umi mah cemen,kedufan ajah menderita bukannya seneng, naik kereta api mini,nyuapin ayam goreng ditepi kolam ,berbagi nasi dengan ikan..ya yang pasti syamil seneng..kitapun seneng bukan..terakhir dia tepar di kereta pas pulang..hihiii..jalan jalan murah meriah.

Ya segitu dulu cerita 2 tahunnya Syamil n cerita susahnya Nyapih silucu satu itu..Punya anak 2 tahun adalah tantangan hidup tersendiri, rumah ga pernah rapih,bajunya selalu kotor dengan noda macem-macem, ngoceh macem-macem dan kita harus ngerti apa maksudnya..dan suka ilang-ilangan,suka manjat-manjat, suka nyoret-nyoret setembok rumah,mainan hal-hal berbahaya kayak listrik.. ya kalo gada hal-hal semacam itu justru patut dipertanyakan yaa..Alhamdulillah fase ini sudah datang n harus disikapi sebijaksana mungkin,huaa berharap lebih sabar..

7 komentar:

Feta mengatakan...

Hehehe.. syamil udh pinter ya bunda, makaNa udah pinter negosiasi ^_^ berarti ASI Na terbukti meningkatkan kecerdasan anak (hehehe.. emang bener yax ^_^)

ke2nai mengatakan...

syamil ternyata udah 2 tahun ya.. happy b'day ya...
Anak2 sy dulu juga di atas 2,5 tahun di sapihnya. Tapi masuk 2 tahun mulai sering di ajak ngobrol kl bentar lagi hrs brenti nenen. Bener sih ayah juga harus ikut terlibat. jadi ketika anak2 tidur ayah hrs mau gantian gendong & atau ngusap2 krn hari2 pertama nyapih pasti susah tidur..

Anonim mengatakan...

umiiii.... selamat ya atas perjuangannya 'menyapih' syamil :) selamat buat si abi nya jg. btw itu poto umi n syamil, bagus bgt angle nya. aku suka. anak ku yg ke dua akhir may next month mau di sapih jg, itung2 bs buat referensi nih cerita syamil...hehe...

cepat besar ya nak syamil... jd anak sholeh. muuahh mmuahhh dr mama khalid thalhah....mmkt

Nu gaduh blog mengatakan...

oooooh...syamiil....udah 2th toh...selamat ulang tahun yah, tambah pinter dan sehat selalu, dan juga jadi anak sholeh yah...amien...maaf nih telaat.

syamiil pinteerr.....ngakak baca tingkah syamil yg minta nenen kanan kiri 10 hahaha....

sukses kan menyapihnya?

entik mengatakan...

ah, gak terasa si syamil dah 2 taon ya? urusan sapih menyapih keknya emang susah. Aku belon pernah ngalamin, abisnya sekarang si ikhsan yang ampir 2 taon itu ga mau nenen sendiri. Padahal aku masih menyediakan nenen buat dia loh. aku juga heran kok ikhsan ga mau ya??

Zeeva Athena Cakranegara mengatakan...

apeeee??? pria montok dan moleh itu baru dua tahun??? yg bener ajeeee....kikikikik....soal nyapih mah sama dah umiiiiii, padaal umi inget pan ke rumah eneng pas eneng ultah kedua, nah skrg brarti brp tuh usianya? ttp waeeeee nenen mah hajaaarrrr.....lumayan sih udah bisa dikurangin cuma pas mau tidur n cuma boleh di kamar aja. Jadi kalau ke luar rumah udah gak ada acara nenen. Trims ya link artikel nyapihnya, manfaat banget loh umiiii. cup cup maw maw buat si montok dan moleh itu yaaah, bukan...bukan umi looooh kikikikik

Anonim mengatakan...

Salam kenal ya?
mbak tinggal dimana?
jadi pingin belajar jahit...

hauramom.blogspot.com