assalamu'alaikum.. smoga hari ini rahmat Allah menaungi kita smua

aa

Selasa, Maret 04, 2008

Umi Rumah Tangga

Duh senengnya setiap mampir ke warnet n cek SB, ada ajah sahabat blog yang nanyain kabarnya umi. Berasa eksis deh umi di dunia per-blog-an. Cita- cita mau ber- inet dirumah harus sabar2 ditunda,mau menggalang masa dulu biar jatohnya jadi mure (Yang ada jatoh mah sakit yah),dasar emak-emak...

Terpaksa,tiap kangen ngeblog,buru2 ngacir pas syamil bobo jam 10 pagian or sore2 jam 3an,biar jiwa raga tenang. Bis semenjak resmi jadi ibu rumahan,umi jadi punya number 1 fans yang tiap kemana2 dikejar2 mulu,deuhh berasa artis deh. Mpe kalo gi rewel mau si umi kebelet pip tetep ajah si cicak syamil ikut menemani sambil ngitung jumlah sikat gigi yang ngegantung n ngaca2 centil pamerin giginya di kaca toilet (Emaknya bgt,he..)

Sejak jadi umi rumah tangga,tiba2 hasrat pengen ga ngantor menjangkiti umi, dan walhasil lamaran ke sekolah2 terdekat pun ga jadi2 juga di post-in. Asyik2 nemenin syamil,kaka abdan n dede Aish main mulu..Secara sekarang umi adalah ibu susu dari dua bayi juga. Trus seru2an bikin MPasi home made versi umi dan ngoprek kain2 felt buat dijadiin macem2 n belajar masak.

Tadinya umi khawatir jiwa tiap hari ngantor n jadi kehilangan saat itu muncul, ternyata ga sama sekali, yang ada keenakan dirumah. Nganterin abi pergi kerja bareng syamil dengan penuh senyum manis n yang pasti,he...he.. dapet jatah sun pipi yang sekarang rata dibagi ma Syamil yang udah bisa kiss i lup you muach-muach (kalau keyword ini disebutin,pasti mulut syamil yang terbuka lebar n penuh iler ini dateng nyosor ke bibir kita sambil bilang "muaaahh",wah siap2 lap deh..). Trus selalu stand by kalo syamil n aish mau nenen kapanpun. Slalu ada pas syamil nangis karena berbagai hal. Sok2 ngejayus aneh2 biar syamil slalu bermain dengan penuh tawa padahal tu becandaan diulang2 mulu,dasar bayi..Masakin Mpasi rupa2, nemenin main anak2 tiap sore di halaman rumah bersama motor tercinta setelah rapi jali bis mandi, Menenin syamil nonton acara favoritnya yaitu Adzan Magrib,sambil memantau gaya andalannya setiap denger adzan (liat foto deh) n baca doa abis adzan dan disusul dengan amiiin versi syamil yang lucuuu..Ya Allah nikmat banget ternyata, Alhamdulillah. Yang pasti umi selalu ada buat syamil dikala flu n batuk menjangkiti n pasti syamil rewelnya amit2.


Oia, sejak genap berusia 10 bulan Syamil geol2-kyu dah bisa jalan niy...sekarang pas mau 11 bulan ini udah lancar bener deh jalannya,udah ga ada acara merangkak deh. Seneng banget deh syamil kalo liat pintu depan or pintu kamar mandi terbuka,bawaannya pingin kaburr n tiba2 dah dikerubutin ma anak2 tetangga yang masih kecil2 juga. Duh lucu bgt liat si ndut ini belok kiri kanan sambil geol2 pantatnya.

Yang pasti belajar jadi ibu sekaligus istri yang baik itu ga gampang. Apalagi setelah tadi pagi liat acara Pagi Jakarta di O Channel tentang Parenting. Duh berasa banget pipi merah karena berasa ketampar,krn banyak banget kesalahan2 orang tua yang rasanya sepele ternyata efeknya besar terhadap masa depan anak,apalagi kalau si orang tua banyak melakukan aktifitas diluar rumah n pengawasannya di alihkan ke orang lain.Kadang buat membayar kekurangan perhatian kita sebagai ortu, kita cenderung memanjakan anak dengan berbagai game n gadget canggih yang malah kalo tanpa pengawasan bisa balik menjerumuskan anak jadi kecanduan.

Kata pakar parenting tersebut sebaiknya no TV under 2 years old da diatas 2 tahun-8 tahun sebaiknya hanya 30 menit sehari dan selebihnya aktivitas anak dihabiskan dengan bermain diluar ruangan (+/- 3 jam berada dibawah sinar matahari per hari), si pengasuh harus menciptakan suasana bermain yang menyenangkan n memicu daya kreatifitas, daya imajinasi n anak bisa bereksplorasi. Mendongeng, bercerita, bernyanyi sampai main becek2an adalah beberapa cara main yang bermanfaat banget sekaligus tentunya menjalin bonding antara ortu dengan anak.Nah, ortu yang bekerja harus pinter2 niy ngontrol si buah hati n sebisa mungkin mencipitakan quality time bersama.Makin betah dirumah ajah niy si umi..

Padahal niy, kita ibu2 rumahan, demen banget deh pasti stay berlama2 didepan tv liat gosip (umi banget) trus liat sinetron macem2 yang striping tiap hari,nonton acara nyanyi artis yang mpe 6 jam tiap hari dan tentunya si kecil lucu setia mendampingi di samping kita menyaksikan acara2 tersebut yang kalou mau jujur entah cuma berapa persen nilai positifnya. Kata temen umi "anak lu tuh gede di depan tv" pas liat a emak2 mejeng di depan Tv dan sianak dengan setia menemani,entah berapa jam. Malah waktu bermain yang edukatifnya jauh lebih sedikit dibanding waktu bersama Tvnya. Ayo jujur deh...

Yah, mumpung anak2 kita lum gede n kesalahan2 kita belum terlalu banyak, orang tua jaman sekarang harus banyak belajar da lebih pinter dari anaknya, belajar macem2, balajar pola asuh yang bijak, termasuk belajar terknologi n ngimbangin perkembangan anak2 sekarang. Dan kata pakar parenting tadi penting banget ajak anak buat BMM,Berfikir Memilih dan Mengambil Keputusan (Insya Allah kalo ga salah),kadang orang tua kebanyakan bilang ga boleh n yang ada anak nyuri2 kesempatan pas si ortu ga ada karena ga merasa dilibatkan.

Yah jadi serasa pakar parenting niy si umi..sharing info ajah ya ibu2,smoga kita ga bosen2 trus belajar demi keluarga sakinah mawadah warohmah yah..

Gitu ajah ah, kalo kangen ma shabat blog lah jagan ditanya deh..luph u all...






4 komentar:

andiana mengatakan...

soal TV...untung ajah umar gak aku kasih liat teve sama sekali!!!

nah, baru menginjak 2 tahun ini, aku pelan2 liatin gambar gerak2..itupun cuman dari channel babytv dari indovision (liatnya boleh numpang tetangga..hehehe)

bahaya TV tuh dahsyat lho, mi...

------
yang laen ogah aku komentarin ah...

IbuDzakyFai mengatakan...

heubat umi neh syamil......

ais itu saudara? wah,syamil punya teman persusuan neh.....

entik mengatakan...

waduh.. seru juga cerita umi di rumah. Eksperimen bikin MPASI ya? bagi2 resepnya dunk..,aku juga pengen eksperimen bikin, tapi ga ada waktu. Kalo dah sampai rumah dah cuapek pengennya bobo kruntelan ma ikhsan.

Zeeva Athena Cakranegara mengatakan...

Alhamdulillah...seneng denger umi seneng! Sebaik2nya manusia kan yang bermanfaat ya mi, eh ini Umi bahkan jadi ibu susu loh, gimana kurang bermanfaat coba! Salut lah sama Umi

btw, syamil kiss i lap yu...*sambil siap2 tissue ;p*